Aku Hanya Butuh Telinga

Jum'at 14 Maret kemarin salah satu acara favorit saya "Untukmu Ibu Indonesia" masih membahas tentang peran ayah seperti satu minggu sebelumnya. Kali ini tema yang diangkat adalah Ayah sahabat. Bintang tamu yang hadir adalah Gifari Zaka Wali dan Fuad Baradja. Gifari yang masih berusia 14 tahun sangat lancar ketika ditanya pendapatnya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan apa yang ideal menurut anak khususnya ayah ideal.

Salah satu yang ia ceritakan yang sangat membekas di benak saya adalah mengenai seorang temannya yang mantan pecandu. Sang teman berkata "Aku sesungguhnya tak butuh apa-apa, aku hanya butuh telinga."

Hanya Telinga! Ya, anak butuh untuk didengar dan diperhatikan. Ia ingin orangtuanya mengerti dirinya dan apa yang ia rasakan. Bisakah itu kita lakukan jika menjawab pertanyaan anak sambil membaca koran, menonton televisi, atau melakukan pekerjaan lain tanpa sedikitpun memandang ke arahnya?

Semoga kita tak hanya bisa memberi telinga tapi juga pelukan kehangatan saat ia merasa rapuh. Biarkan ia merasakan bahwa kita sebagai orang tua selalu ada untuknya dalam rasa maupun nyata.

Komentar

Postingan Populer