Saat 24 Jam Terasa Singkat

"Waktu ibarat pedang, barang siapa tidak dapat menggunakannya, maka akan menebas lehernya sendiri."
(Ali bin Abi Thalib)

Manajemen waktu bagi seorang ibu rumah tangga sesungguhnya adalah sebuah keharusan. Menjalani hari-hari dengan kesibukan luar biasa kadang-kadang membuat waktu cepat sekali berlalu. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi. Bahkan di sela tidurnya pun ia kadang harus siap terjaga untuk sang anak yang ingin minum susu.

Hari-hari yang saya jalani sebagai ibu mungkin tak beda dengan ibu rumah tangga pada umumnya. Menyelesaikan pekerjaan domestik ibu rumah tangga, bermain dengan anak, up grade wawasan tentang parenting & pendidikan anak dari berbagai media, dan menjalankan usaha saya sebagai agen jilbab adalah kegiatan rutin saya. Kegiatan-kegiatan tersebut saya jalani tanpa pembantu atau karyawan. Untuk pekerjaan domestik dan bermain dengan anak -alhamdulillah- kadang-kadang suami ikut membantu jika sedang tidak bekerja.

Saat saya sedang bersama anak saja segala kegiatan saya bergantung pada anak. Jika ia ingin bundanya menemaninya main dan tidak mau diduakan dengan pekerjaan-pekerjaan saya, maka yang terjadi adalah tertundanya pekerjaan-pekerjaan itu. Bisa dibayangkan betapa kacaunya rumah saya hehehe ;). Tetapi seperti kata Ibu Elly Risman Musa jika bersama anak kita harus meninggalkan semua pekerjaan bahkan saat menyusui pun tidak boleh sambil bekerja. Wah, Bu Elly musti tanggung jawab nih karena rumah saya berantakan hehehe ;).

Menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang tertunda biasanya saya lakukan saat si kecil sudah tertidur. Jika tidak selesai, maka begadang atau bangun lebih awal adalah solusinya. Tetapi tetap saja ada yang tak selesai. Semoga suatu saat saya bisa lebih baik dalam manajemen waktu.

Komentar

Postingan Populer