Beginilah Berkebun

Alhamdulillah 'ala kulli haal.

Kemarin, saya mencabut dua tanaman paprika yang layu dan nyaris mati.
Sepertinya mereka terserang thrip.
Satu sudah sempat berbuah, yang lainnya belum.

Hari ini saat saya memeriksa tanaman ginseng jawa, kutu putih yang beberapa hari lalu saya lihat, semakin banyak.
Ternyata mereka bukan tersesat, tapi memang benar-benar menyerang.
Kesimpulan dari mana kalau mereka tersesat?
Sebenarnya itu prasangka baik untuk menghibur diri

Kutu putih ini memang 'luar biasa' tangguh.
Berbagai tanaman diserang.
Eh, mustinya saya juga harus lebih tangguh dong.

Tapi, tetap selalu ada yang menyenangkan di kebun.
Ada dua bunga kunyit yang cantik.
Tentu saja bisa jadi obyek untuk motret.

Ada tanaman terong bulat yang sebelumnya sempat saya gunduli dan saya potong sebagian batangnya karena keriting terserang hama, mulai tumbuh dan berkurang keritingnya.
Meskipun tetap belum berbunga.
Qodarullah, ada dua kemungkinan penyebab dia mulai membaik.
Tanaman labu merah yang subur meski tumbuh di antara beberapa tanaman yang terserang hama.
Atau beberapa tanaman jahe?
Kemungkinan terbesarnya sih, labu merah itu.
Wallahu a'lam.

‪#‎GrowFoodNotLawn‬

Komentar

Postingan Populer