Saat Sang Bintang Terjebak

Anak kami, Akma Zaki, suka sekali memencet tombol-tombol. Keyboard komputer, tombol power komputer, tombol power televisi, saklar lampu dan lain-lain tak lepas dari jangkauannya. Sore itu ia sedang memencet-mencet tombol power televisi setelah tidak berhasil menyalakan komputer. Di salah satu stasiun televisi menayangkan tentang seorang selebriti yang tertangkap karena membawa ganja. Terdengar sang narator menceritakan bahwa sang bintang terkenal tahun 80-an itu sering masuk rehabilitasi dan dengan nada menyalahkan narator menyatakan bahwa sang bintang seolah-olah tidak jera. Jelas sekali media itu begitu menyudutkan sang bintang.

Saya tak hendak membela sang bintang atau sekedar mencari pembenaran atas perilakunya. Saya tak pula hendak memaklumi ataupun membiarkan pengguna narkoba. Tapi, saya berusaha untuk memposisikan diri saya sebagai sang bintang itu. Saya yakin, sang bintang tak hendak menjadi si bebal atau si cuek. Dia juga pasti tak hendak menafikan orang-orang tercinta, penggemar maupun masa depannya. Kecanduan bukanlah sekedar masalah suka atau tak suka, butuh atau tak butuh, peduli atau tak peduli. Kecanduan adalah sebuah masalah yang lebih spesifik.

Saya pernah menonton tayangan The Oprah Winfrey Show dengan topik Addiction: Why Can't They Stop? . Dalam tayangan itu dijelaskan bahwa Otak orang yang bukan atau belum pernah menggunakan narkoba atau alkohol berbeda dengan otak orang yang pernah menjadi pengguna. Orang yang pernah walaupun hanya sekedar mencoba narkoba atau alkohol sulit untuk berfikir rasional dalam menghadapi kecanduannya. Segala sesuatu yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung akan selalu membuat otak mengingatkan mereka pada narkoba dan alkohol tersebut (faktor pemicu). Sekecil atau sesederhana apapun sesuatu itu.

Pecandu narkoba atau alkohol tak butuh cacian atau hujatan. Ia sesungguhnya lebih membutuhkan dukungan untuk bisa keluar dari masalahnya. Baik masalah yang menyebabkan ia lari pada benda-benda itu maupun masalah bagaimana ia harus lari meninggalkannya.

Komentar

Postingan Populer