'MENUMPUK' HISAB

Sedang agak viral tulisan tentang obsesistuff.
Bercerita tentang penulis yang dulu hobi mengumpulkan jilbab, gamis, sepatu, tas dll.
"Ah, saya nggak suka shopping barang-barang itu kok. Saya nggak seperti itu."
Klaim saya sejenak.
Eh, tunggu.
Mungkin saya tak menumpuk gamis.
Mungkin saya tak menumpuk kerudung.
Mungkin saya tak menumpuk sepatu.
Mungkin saya tak menumpuk tas.
Mungkin saya juga bukan pengumpul peralatan dapur.
Tapi, saya menumpuk buku-buku, yang banyak diantaranya belum saya baca.
Bahkan ada yang belum dibuka bungkusnya.
Sama saja kan?
Meski sekarang saya sudah tak membabi buta lagi ketika membeli buku, saya pernah di posisi obsesistuff itu.
Astaghfirullah.
Belilah buku karena kau yakin akan terbaca.
Bukan membeli buku untuk dikoleksi.
Hisab itu berat, Mak!
(Edit)
Catatan tambahan:
Beda status jika buku referensi ilmu syar'i.
____________
Sheila Banun, kadang bermedia sosial untuk bercermin.

Komentar

Postingan Populer