Meet Ayah Edy

Ayah Edy, seorang pakar Multiple Intellegence dan Holistic Learning, adalah salah satu pembicara favorit saya. Sebagai seorang ibu yang belum punya banyak ilmu, materi-materi yang diberikan oleh Ayah Edy sangat membantu saya belajar menjadi orang tua yang tepat dalam mendidik anak saya.

Sabtu tanggal 25 Agustus lalu, saya beruntung bisa mengikuti seminar pendidikan yang diadakan dalam rangka ulang tahun sebuah organisasi wanita di Balikpapan dengan Ayah edy sebagai pembicaranya.

Dalam seminar yang juga dihadiri istri wakil walikota Balikpapan itu disambut antusias oleh ratusan peserta yang sebagian besar adalah kaum ibu. Saya tentu saja hadir bersama jagoan kecil saya.

Seminar dengan tema: "Sudah Tepatkah Saya Mendidik Anak-anak Saya Selama Ini?"
ini membahas tentang banyak hal yang berkaitan dengan kecerdasan anak dan cara orang tua dalam mendidik anak. Bahkan tidak sekedar bicara, Ayah Edy langsung mengajak beberapa peserta untuk menganalisa pola pendidikan yang telah diterapkan selama ini kepada anak-anak mereka. Ada yang tanpa sadar membandingkan. Ada yang tanpa sadar membuat anak tidak terbuka. Ada pula yang menggunakan pola didik "radio rusak". Tapi seminar ini mengajak orang tua untuk mengevaluasi lagi pola didiknya.

Bagaimana dengan saya dalam seminar itu? Saya berusaha menangkap semua isi seminar sambil mengikuti anak saya bermain. Selama seminar anak saya yang semula diam untuk mengenali sekitarnya kemudian aktif dengan kegiatannya walaupun sempat tertidur sejenak. Mengambil dan melempar benda-benda, merangkak di lantai kotor dan di meja tak terpakai di bagian belakang ruangan atau meloncat-loncat di pangkuan saya. Mungkin -berdasarkan yang saya dapat dari Ayah Edy- anak saya adalah tipe melakonlis yang awalnya diam tapi jika sudah kenal lingkungannya menjadi aktif dan kecerdasan yang dimilikinya termasuk kecerdasan kinestetik, jadi ia jarang bisa duduk diam.

Akhirnya seminar ditutup dengan tanya jawab dan renungan sebagai orang tua serta pembagian door prize. Selama pembagian door prize tampak beberapa orang tua yang mengambil kesempatan untuk berkonsultasi dengan Ayah Edy. Mumpung ada konsultasi gratis ya?

Komentar

Postingan Populer