BAGAIMANA AKU PADAMU

Di suatu kesempatan, Bu Elly Risman pernah berkata yang kurang lebih seperti ini,
"(Hampir) semua orangtua yang datang pada saya selalu memulai perkataannya dengan, "Bu Elly, anak saya bermasalah. Dia begini dan begitu. Saya sudah tidak tahu harus bagaimana lagi supaya dia berubah.""
"Kenapa orangtua selalu memandang anaknya yang bermasalah? Kenapa orangtua tidak berusaha mengkoreksi diri dulu. Kenapa kalimatnya tidak dimulai dengan,"Bu Elly, kesalahan apa yang kami lakukan dalam mengasuh anak sehingga anak saya begini dan begitu"," lanjut beliau.
Jauh sebelum itu, di buku berjudul "Ayah Satu Menit" yang pernah saya baca, ada bahasan tentang ketika orangtua melihat rapor anak, diantara banyak nilai bagus, orangtua cenderung terfokus pada nilai jelek yang mungkin cuma satu saja. Nilai 'jelek' itu mengaburkan nilai-nilai baik yang jauh lebih banyak.
Dan tadi pagi, saya membaca sebuah tulisan di sebuah tautan yang dibagikan teman (terima kasih, Mbak Dini Mommynya Ami) yang berjudul,
"How to Discipline Your Kids With The Rubberband Method".
Jangan menyimpulkan dari judulnya saja ya.
Dengan bahasa Inggris saya yang pas-pasan, pesan yang tertangkap oleh saya adalah,
seberapa sering kita memberi 'penghargaan' pada anak? Mengapresiasi hal-hal baik yang telah ia lakukan.
Menunjukkan ekspresi bahagia akan keberadaannya.
Kadang, kita terlalu fokus pada hal-hal yang kita sebut 'kekacauan', 'tidak disiplin', dan sebagainya.
Maka, reaksi kita padanya pun 'terkait' hal-hal itu.
Padahal, anak-anak masih belajar dan terus belajar.
Fokuslah pada hal baik yang dilakukan anak.
Berilah apresiasi atau ekspresi dan bahasa tubuh yang menunjukkan kita senang, bersyukur, atau bahagia karena keberadaannya.
Sesungguhnya, sikap kita seperti itu adalah memberi contoh anak berperilaku baik.
Sikap baik akan diteladani baik oleh anak.
Insyaallah.
Yuk, kita koreksi lagi cara kita 'memandang' anak!
Kita?
Mungkin cuma saya.
_____________
Sheila Banun, yang masih jatuh bangun mendidik diri sendiri.
Semoga Allah meringankan.

Komentar

Postingan Populer